Menambah Ilmu Di #FlashBlog72RI Padang


04.30 hp saya berdering keras. Alarm hp membangunkan saya yang tidur pulas, padahal baru tidur jam 01.30. Entah kenapa malam itu saya tak bisa tidur cepat padahal besok ada acara penting yang harus dihadiri, pagi-pagi pula. Hp saya jadi penyelamat kali ini.


Sholat subuh kemudian mandi. Biarlah baru tidur 3 jam, acara ini nggak bisa dilewatin begitu aja. Sialnya, walaupun udah bangun pagi-pagi buta, jam 07 tepat saya baru pergi dari kosan. Entah kenapa, ada saja yang menghambat langkah saya untuk bergerak cepat pergi ke Grand Inna Muara Hotel, tempat berlangsungnya acara. 
Drama bisa terjadi di mana saja. Selang beberapa menit dari kosan, saya berhenti sejenak di SPBU dekat Pangeran Beach Hotel Padang lantaran ingin ngisi minyak. Apa yang terjadi? Antriannya panjang banget. Tempat ngisi pertalite nya cuman satu, motor dan mobil nyampur dan juga ada dua jalur pula. Antara nggak sabar nunggu lama karena takut telat tapi juga khawatir di tengah jalan motor mati karena kehabisan minyak. Yaudah! Ikut ngantri aja. 15 menit waktu saya terbuang sia-sia. 

Alhamdulillah. Saat ada usaha dan niat Allah akan buka jalan. Saya datang di Grand Inna Muara Hotel 5 menit sebelum acara dimulai sesuai jadwal, jam 07.55. Saya meng-WA Bang Ubay (Travel Blogger Minang) yang sudah berada di dalam. Saya menanyakan tempatnya ke Bang Ubay, "Masuk aja ke dalam." kata Bang Ubay. Eeeh, ketemunya kita di toilet. Hahaha.

Btw. Acara apa sih?

Saya dan kakak-kakak blogger di Sumatera Barat lainnya diundang Direktorat Kemitraan Komunikasi, Kominfo yang mengadakan acara FlashBlogging. Temanya "Teknik Menulis Kreatif dan Sudut Istana Menyapa Daerah". Katanya FlashBlogging ini ngak cuman diadain di Padang aja, di kota lainnya juga udah diselenggarakan. Di kota kamu ada nggak?

Teknik Menulis Kreatif oleh Budi Putra

Saya baru tahu ternyata Uda Budi Putra ini salah satu blogger terkenal dan angkatan awal pada tahun 2000-an yang mengenalkan blog ke Indonesia. Basic beliau memang seorang wartawan, dulu blog adalah salah satu hobi serius beliau selain menjadi wartawan sebagai profesi. Saya juga baru tahu kalau Uda Budi Putra ini adalah orang minang asli. Lahir dan besar di minang. #harus banyak cari tahu lagi tentang blogger minang

Uda Budi menjelaskan bahwa menulis kreatif itu adalah menulis secara ringan dan segar. Sebebas-bebasnya, tapi juga tidak mengesampingkan kualitas tulisan.  

Media akan selalu berubah, platform akan terus berganti. Tetapi sesuatu yang tidak akan pernah berubah : Content Is King.Tetaplah menulis.Budi Putra

Point paling penting menurutku dari materi yang Uda Budi Putra sampaikan. Semangat baru yang disebar Uda Budi Putra membuat saya pribadi kembali bergairah dan konsisten menulis di blog. Semoga terus berlanjut.

Selain Materi-Materi Hebat Juga Dapat Keluarga-Keluarga Hebat

Awalnya saya berpikir kalau di Sumatera Barat itu sedikit yang aktif ngeblog. Saya pernah searching di google : Blogger Minang. Hasilnya kalau nggak salah cuman blog Kak Maya Lestari Gf. Yang lain ada cuman nggak aktif. 

Tapi, pas datang di acara ini, pikiran saya salah besar loh. Ada 40-an lebih yang hadir kayaknya dan kata Bang Ubay, belum semua blogger Sumatera Barat yang bisa hadir. Semoga kapan-kapan ada acara yang bisa mempertemukan kita. #asyek.

**

Banyak ilmu baru dan pengalaman baru yang saya pribadi dapat dengan ikut acara keren ini. Dari bagaimana teknik menulis kreatif di blog, bagaimana memotivasi diri sendiri untuk selalu semangat dan kontisten berkarya melalui blog, hingga kenalan dengan teman baru yang saya anggap sebagai keluarga sendiri.

Terima kasih Bang Ubay udah ngajak ke acara keren ini. Juga Kominfo Padang yang kasih kesempatan kepada saya untuk menyerap ilmu yang disampaikan. Semoga acara-acara bermanfaat seperti terus ada dan rutin dilakukan. Dan satu hal, saya siap diundang lagi. Hehehe.

Sumber Gambar : Freepik



10 komentar:

  1. content is the king
    saya sepakat itu mas
    tak akan lekang oleh waktu
    makanya terus menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Apapun platform kita yang penting tetap semangat menulis ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  2. Content adalah rajanya mau apapun situs'nya. hehehe keren ya mas.
    Saya juga tetap terus belajar nulis walaupun masih blogger amatiran hehehe..
    semangat terus deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Saya juga masih amatiran, semoga kita tetap terus semangat๐Ÿ˜Š

      Hapus
  3. Mantap! Teknik SEO apapun itu, darimanapun, hal utama dan pertama yaitu Konten. Setuju banget sama Mas Budi : Media akan selalu berubah, platform akan terus berganti. Tetapi sesuatu yang tidak akan pernah berubah : Content Is King.Tetaplah menulis - Budi Putra

    BalasHapus
  4. Mau apapun platform yg di gunakan kalo konten kita tidak menarik, tidak akan ada pembaca
    konten adalah raja sampai kapanpun
    apalah arti blog tanpa konten yg baik
    sayapun terus belajar menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Walaupun platform memang berpengaruh, tetapi tulisan punya peranan *sakral*nya tersendiri. ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. betul sekali content is king. selalu ingat bahwa kita blogger menulis untuk manusja bukan untuk google, yahh jadi jangan terpaku dengan seo2 an, kalau tulisan bagus nanti akan ada pembaca loyal dan mampu bersaing di pencarian google.

    BalasHapus

Adbox